Header Ads

Merokok saat Berkendara akan Didenda Rp 750 Ribu atau Penjara 3 Bulan

Yansyah.com - Bagi pengendara motor yang memiliki kebiasaan merokok saat berkendara sebaiknya mulai membiasakan untuk berhenti melakukan hal tersebut. Pasalnya pemerintah RI telah mengeluarkan larangan merokok saat berkendara diatas kendaraan roda dua.

Aturan pelarangan merokok diatas kendaraan roda dua tersebut tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

dilarang merokok diatas motor

Larangan merokok diatas sepedah motor ini resmi digulirkan sejak 11 Maret 2019 lalu. Diwilayah hukum Polda Metro Jaya sendiri penindakan terhadap pengendara yang terbukti merokok sudah mulai berjalan.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir menjelaskan Permen nomor 12 tahun 2019 itu mengatur tentang pelindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Jadi, dalam aturan itu memuat pasal yang mengatur bahwa pengemudi sapeda motor dilarang merokok sambil berkendara karena akan mengganggu keselamatan di jalan raya.

Sehingga pengendara yang melanggar akan terkena pasal 283 pelanggaran UU Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman kurungan tiga bulan atau denda sebanyak Rp 750 ribu.

Peraturan ini dibuat karena merokok sambil mengendarai sepeda motor dapat mengurangi konsentrasi pengemudi. Jika, konsentrasi berkurang akan berakibat fatal. Mengancam keselamatan pengemudi dan orang lain.

Tidak hanya itu, abu dan bara yang dihasilkan dari pembakaran rokok juga bisa terbang dan masuk ke mata sendiri ataupun kepada pengemudi lain sehingga dikhawatirkan mengakibatkan kecelakaan.

dilarang merokok di jalan raya

Meski larangan tersebut lebih tertuju kepada pengemudi, penumpang dibelakang pun diwajibkan untuk mengikuti aturan ini. meski menjadi penumpang bukan tidak lepas dari yang namanya tanggung jawab. Sebab yang menggunakan fasilitas jalan raya bukanlah diri sendiri, tapi banyak orang.

Dengan adanya peraturan mengenai larangan merokok saat berkendara diatas kendaraan roda dua ini, masyarakat baik yang berperan sebagai pengemudi atau pun penumpang dihimbau untuk tidak menelantarkan aspek keselamatan dan kepedulian terhadap orang lain.

Baik pengemudi maupun penumpang harus saling memiliki rasa tanggung jawab dalam menjaga keselamatan saat berkendara dengan cara saling mengingatkan satu sama lainnya saat berkendara.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.