Header Ads

Nokia 6 (2018) Hadir Dengan Snapdragon 630, Ini Spesifikasi dan Harganya

Yansyah.com - Tahun lalu, HMD Global (pemegang merek Nokia) mengawali tahun 2017 dengan melahirkan Nokia 6 untuk ikut serta dalam persaingan industri smartphone Android. Tepat setahun setelah itu HMD Global kembali merilis Nokia 6 Edisi 2018 di minggu pertama tahun 2018 ini. Hadirnya perangkat ini merupakan penerus dari Nokia 6 yang memiliki pembaruan pada desain serta spesifikasi hardware yang memiliki peningkatan performa yang lebih baik.

Nokia 6 Edisi 2018

Berbeda dengan generasi pertamanya yang hadir dengan desain bodi yang biasa dimana kedua bezel di sisi atas dan bawah cukup lebar, kini pada Nokia 6 (2018) hadir dengan bodi yang lebih baik. Tetap mengusung konsep kuat yang sudah menjadi ciri khas pada Nokia, Nokia 6 (2018) hadir dengan desain unibody yang terbuat dari alumunium 6.000.

Bagian belakangnya pun dibuat berbeda dari generasi pendahulunya, dimana pada panel kameranya dibuat menyerupai Nokia 5 serta pemindai sidik jari yang juga dipindahkan ke bawah panel kamera. Bentuk pemindainya pun mengalami perubahan, dari yang tadinya berbentuk elips kini menjadi bundar.

Kamera Nokia 6 edisi 2018


Pada sektor depan, Nokia 6 generasi 2018 juga mengalami perubahan dari pendahulunya. Smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci Full HD yang dibalut oleh bodi yang berdimensi 148,8 x 75,8 x 8,15 mm, yang membuatnya lebih pendek dan lebih tebal dari generasi sebelumnya. Sementara deretan soft button yang berada di bawah layar kini menghilang, diganti dengan tombol virtual yang menyatu dengan antarmuka sistem operasi.

Pada sektor tenaga, HMD Global memberikan peningkatan yang lebih baik dari pendahulnya. Jika pada Nokia 6 (2017) hanya disematkan chipset Snapdragon 430, pada generasi terbarunya telah disematkan tenaga yang lebih besar yaitu menggunakan chipset Snapdragon 630. Chipset ini memiliki prosesor octa-core 2.2 GHz yang juga digunakan pada perangkat Nokia 7.

Perangkat terbaru dari Nokia ini hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat, namun perusahaan HMD Global menjanjikan perangkatnya akan segera mendapatkan pembaruan Android 8 Oreo. Sementara untuk media penyimpanan, Nokia 6(2018) hadir dengan memori internal 32 GB dan 64 GB yang masih bisa diperluas dengan menggunakan microSD, serta dibekali RAM 4 GB.

Fitur Kamera Nokia 6

Beralih ke sektor kamera, Nokia 6 terbaru ini menggunakan sensor kamera yang sama dengan pendahulunya. Sensor kamera 16 MP dengan lensa f/2.0 dibagian belakang lengkap dengan LED Flash serta 8 MP dibagian depan yang telah memiliki sudut pandang hingga 84 derajat. Tak ketinggalan mode Dual-Sight atau Bothie Mode yang ada pada Nokia 8 juga telah tersedia pada Nokia 6 (2018) ini.

Pada sektor konektivitas yang tersedia pada smartphone ini diantaranya adalah perubahan pada konektor USB yang kini menggunakan USB type-C yang menggantikan micro-USB pada generasi sebelumnya. Selain itu tersedia pula jack audio 3,5 mm, Bluetooth5.0 untuk proses transfer yang lebih cepat dan jaringan LTE Cat 4 dan wifi untuk koneksi jaringan internet yang sangat cepat.

Beralih ke harga Nokia 6 (2018), perangkat ini memiliki dua varian penyimpanan yang berbeda yang masing-masing memiliki harga yang beda. Untuk Nokia 6 (2018) model 32 GB dibandrol dengan harga 1.499 yuan atau sekitar Rp. 3 juta. Sedangkan untuk model 64 GB dibandrol dengan harga 1.699 yuan atau 3,5 juta rupiah.

Smartphone ini direncanakan akan mulai dijual pada tanggal 10 Januari mendatang dan baru tersedia di pasar Tiongkok.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.