Header Ads

Bukalapak Pakai AL Untuk Mencegah Penipuan

Yansyah.com - Bukalapak, salah satu online marketplace terkemuka dan terpopuler di Indonesia. Dilihat dari jumlah pemasangan aplikasi Bukalapak mobile di Google Play yang mencapai 50 juta download ditambah dengan jumlah pengguna web yang tentunya memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak.

Disamping kemudahan bertansaksi di Bukalapak dengan berbagai metode pembayaran, sistem yang dikembangkan oleh PT. Bukalapak.com juga menjadi salah satu modal larisnya situs online shop ini. Terlebih sistem keamanan yang dikembangkan untuk menghindari penipuan antara pembeli ataupun penjual saat transaksi membuat penggunanya semakin mempercayai situs jual beli online yang satu ini. Keamanan yang digunakan Bukalapak ini adalah teknologi "AL".

Bukalapak.com

Ibrahim Arief, selaku Vice President of Engineering PT. Bukalapak.com mengatakan bahwa perusahaannya telah menggunakan sistem keamanan dengan menerapkan kecerdasan buatan yang dikenal sebagai Artificial Intelligence (AL). Maksud dari digunakannya teknologi ini adalah untuk mengetahui adanya transaksi palsu dalam website atau aplikasi Bukalapak.


"Bukalapak sudah memiliki kecerdasan buatan yang khusus menangani sistem keamanan untuk segi penipuan. Jadi, AI ini bisa menerima dan mempertimbangkan banyak sekali sinyal atau data dari sebuah transaksi agar kemudian diketahui jenis transaksi tersebut palsu atau tidak," ungkap Ibam seperti dilansir dari Viva.co.id.

Teknologi AL yang dikembangkan pada sistem Bukalapak ini memiliki fungsi yang tidak hanya untuk memantau dan melacak kegiatan transaksi, tetapi juga berguna untuk mendeteksi data yang dimasukan oleh pembeli dan penjual pada situs jual beli online tersebut agar keaslian identitas mereka diketahui secara pasti.

Disitus Bukalapak ini terdapat berbagai macam barang yang dapat dibeli. Dari mulai pakaian, mainan, gadget, hingga perlengkapan rumah tangga tersedia di Bukalapak. Selain tersedianya berbagai barang, proses transaksinya pun sangat mudah karena tersedia berbagai cara transfer seperti transfer via Bank/ATM dan pembayaran melalui minimarket. Pembeli juga bisa melakukan pembelian dengan cara tunai atau dengan kredit dengan menggunakan kartu kredit atau memanfaatkan aplikasi Kredivo.

Transaksi jual beli di Bukalapak telah terjamin keamannya. Karena ketika terjadi transaksi, Bukalapak akan menjadi pihak ketiga untuk melindungi kegiatan transaksi antara penjual dan pembeli. Ketika pembeli akan membeli barang dari pelapak (orang yang menjual barang di Bukalapak), pembeli diharuskan mentransfer uang terlebih dahulu ke Bukalapak. Berbeda dengan sistem pembayaran online shop yang berkembang di era 2000-an yang umumnya pembeli langsung mengirimkan uang ke pedagang.

Pada sistem Bukalapak, ketika pembeli telah berhasil mentransfer uang ke Bukalapak, maka tim Bukalapak akan memberitahukan kepada penjual bahwa pembayaran dari pembeli telah diterima oleh Bukalapak. Sehingga penjual dapat langsung mengirimkan barang yang dipesan oleh pembeli ke alamat yang telah dicantumkan oleh pembeli.

Terakhir, ketika barang sudah diterima oleh pembeli, pembeli selanjutnya melakukan konfirmasi barang telah diterima kepada Bukalapak, dan Bukalapak akan mengirimkan uang pembelian dari si pembeli kepada pelapak.

Namun apabila barang yang dibeli tidak diterima oleh pembeli sampai waktu yang ditentukan, maka uang pembelian akan segera dikembalikan dan masuk saldo BukaDompet pada akun Bukalapak.

Sedikit berbagi cerita tentang keamanan bertransaksi di Bukalapak, pada bulan Maret 2017, saya (admin Yansyah.com) melakukan pembelian di Bukalapak berupa sebuah Laptop yang harganya sekitar 5 juta. Dan ternyata dalam waktu tiga hari barang yang saya beli tersebut telah saya terima dengan baik. Ini merupakan bukti bahwa transaksi di Bukalapak sangat aman dan terjamin meski melakukan transaksi dengan harga berjuta-juta.

4 komentar:

  1. Iya nih mas, kadang saya kurang yakin kalo belanja online yang berjuta juta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman kok gan. saya beli laptop di Bukalapak yg harganya berjuta-juta, sukses ko.

      Hapus
  2. Makin aman aja pastinya nanti. Saya jga sering trx di BL, dan alhamdulillah lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bukalapak sudah terbukti keamanannya

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.