Header Ads

GPD Pocket, Laptop Terkecil di Dunia yang Bisa Masuk Saku

Yansyah.com - Sebelumnya, kita mengenal lapop terkecil itu adalah netbook yang memiliki ukuran terkecil mencapai 13 inci. Tapi kali ini, perusahaan asal Cina, GamePad Digital membuat laptop yang lebih kecil dari netbook yang mana ukurannya mencapai 7 inci. Bahkan laptop buatannya ini menjadi laptop terkecil di Dunia. Laptop terkecil ini diberi nama GPD Pocket.

GPD Pocket - Laptop Terkecil Didunia

Laptop terkecil di Dunia, GPD Pocket hadir dengan ukuran layar 7 inci dengan ukuran bodi 180 x 106 x 18.5mm dengan bobot yang hanya 480 gram. Dengan ukuran sekecil itu, GPD Pocket bisa dibawa kemana saja dan dapat dimasukan kedalam saku ataupun tas kecil.

Meskipun hadir dengan ukuran yang sangat kecil, laptop ini menghadirkan spesifikasi yang sangat mumpuni. Pada bagian layarnya sendiri hadir dengan ukuran 7 inci dengan resolusi 1200 piksel dengan teknologi layar sentuh. Laptop mungil ini juga telah menjalankan OS Windows 10 full version.

Layar GPD Pocket yang mungil ini dibalut oleh bahan alumunium yang menjadikan laptop mini ini semakin premium. Bahkan jika dibandingkan dengan MacBook Air, desain serta bahan yang digunakan perangkat ini sangat mirip hanya saja berbeda pada ukurannya.

GPD Pocket VS MacBook Air

Selain telah menjalankan sistem operasi windows 10, GPD Pocket memiliki tenaga yang sangat tangguh. Pasalnya pada bagian dapur pacu perangkat ini telah menggunakan prosesor quad-core Intel Atom X7-Z8700 dengan maxspeed 1.6 GHz. Prosesor ini dipadukan dengan RAM yang sangat besar yaitu 8GB. Untuk media penyimpanan file juga telah tersedia ruang penyimpanan internal sebesar 128GB. Ditambah lagi dengan dukungan layar 4k, penggunamenjalankan game seperti Minecraft dan Counter Strike.

Laptop ini juga telah dibekali dengan fitur bluetooth yang bisa digunakan untuk keperluan Mouse bluetooth, keyboard, headphone dan speaker bluetooth atau hanya untuk sekedar berbagi file dengan perangkat lainnya.

Meskipun hadir dengan ukurang yang sangat kecil, GPD Pocket dibekali dukungan port USB type C, port headphone, port micro HDMI, dan port USB 3.0. Melalui port USB type C, pengguna laptop kompak ini bisa memasukan aksesoris yang diinginkan seperti Flashdisk, SD Card, atau USB.

Aksesorie GPD Pocket
Jika biasanya kita bekerja pada laptop normal yang menggunakan Touchpad, namun berbeda dengan GPD Pocket karena ukuran yang kecil ini idak mampu untuk memuat navigasi touchpad, sehingga pada perangkat ini dihadirkan mouse nub atau sebuah tombol navigasi kecil yang digunakan untuk menggerakan kursor.

Tombol Navigasi GPD Pocket


GPD Pocket telah dijual melalui laman kampanye Indeogogo dengan harga US$ 600 atau sekitar 8 juta. Total pendapatan dari penjualan tersebut mencapai US$ 3 juta atau dalam rupiah sekitar 40 miliar. Recananya perangkat GPD Pocket ini akan dikirimkan pada bulan juli mendatang. Sayangnya belum diketahui apakah perangkat ini akan dijual diseluruh dunia atau tidak.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.