Header Ads

Facebook Uji Helikopter Tether-tenna Penyebar Sinyal Internet

Yansyah.com - Sebelumnya, Facebook pernah mencoba membuat sebuah Drone yang canggih. Drone ini diberi nama Aquila. Tujuan diciptakannya Aquila adalah untuk menyebarkan koneksi internet disuatu wilayah tertentu. Namun sayangnya  Facebook mengalami kegagalan dalam menciptakan drone canggih ini karena drone Aquila-nya mengalami kecelakaa ketika diterbangkan.

Helikopter Tether-tenna Penyebar Sinyal Internet

Setelah gagal dengan Drone Aquila, kini Facebook kembali melanjutkan misinya dalam menyediakan akses internet untuk wilayah-wilayah tertentu yang berada dalam situasi darurat. Dalam melanjutkan misinya ini Facebook kembali menciptakan sebuah drone yang diberi nama Tether-tenna. Tether-tenna ini memiliki fungsi yang sama dengan Aquila, yang membedakan hanya pada bentuknya yang mirip dengan Helikopter.

Untuk menjalankan misinya, Tether-tenna ini tidak bisa bekerja sendiri. Tether-tenna membutuhkan kabel serat optik yang masih berfungsi dan dukungan daya listrik agar bisa bekerja. Jadi Tether-tenna akan menjadi tower internet instan dan terhubung dengan kabel fiber dan listrik.

Jika kabel optik masih bisa digunakan, Tether-tenna akan diterbangkan beberapa ratus meter diatas tanah sebagai tower virtual. Nantinya teknologi ini akan dapat dioperasikan selama berbulan-bulan untuk menyediakan konektivitas darurat.

Oleh karena itu, hanya wilayah-wilayah yang masih memiliki aliran listrik dan kabel serat optik yang bisa memanfaatkan teknologi helikopter penyebar sinyal internet milik Facebook ini.

Kabarnya Tether-tenna telah sukses melewati uji coba oleh pihak Facebook dengan mampu beroprasi menyebarkan sinyal internet selama 24 jam. Namun proyek ini masih belum rampung. Tim Facebook masih perlu banyak menyempurnakan dan mengembangkan proyeknya agar benar-benar bisa digunakan dalam situasi yang nyata.

Sehingga saat ini helikopter penyebar internet ini masih dalam proses pengembangan, belum diketahui apakan Tether-tenna ini akan diproduksi hanya untuk keperluan perusahaan atau akan digunakan untuk kerjasama dengan para operator telekomunikasi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.